Tips Merawat Kulit Berdasarkan Jenis Kulit - PRATISTA

Tips Merawat Kulit Berdasarkan Jenis Kulit

7 bulan yang lalu      Informasi Seputar Kulit dan Kecantikan

Tips Merawat Kulit Berdasarkan Jenis Kulit

 

Pentingnya peran kulit membuat Anda butuh mengetahui teknik merawat kulit yang tepat cocok jenis kulit yang berbeda. Jenis kulit sendiri lazimnya dapat dipisahkan menjadi: kulit normal, berminyak, kering, dan sensitif. Masing-masing membutuhkan perawatan yang bertolak belakang sesuai karakteristiknya.

Dengan mengenali jenis kulit bakal mempermudah Anda dalam merawatnya. Menggunakan produk perawatan yang cocok dengan jenis kulit juga dapat Anda lakukan supaya terhindar dari masalah kulit yang disebabkan oleh kekeliruan perawatan. Jenis kulit bisa berubah dari masa ke masa tergantung dari  faktor lain seperti air, minyak dan tingkat sensitivitas kulit. Berikut bakal dipaparkan jenis-jenis kulit dan teknik merawatnya.

Jenis-jenis kulit

  1. Jenis kulit normal

Jenis kulit normal memiliki kebiasaan yang baik dengan jumlah air dan minyak yang juga seimbang. Jenis kulit normal mempunyai pori-pori yang kecil dan ingin tidak terlampau sensitif.

Cara merawat kulit berdasarkan jenis kulit normal dapat Anda kerjakan dengan sering menjaga kebersihan kulit Anda, dengan menyerahkan nutrisi pada kulit dengan memakan makanan bergizi serta olahraga secara teratur supaya kulit lebih sehat.

  1. Jenis kulit kering

Kulit kering ialah jenis kulit dengan kadar air yang tidak banyak sehingga kulit tampak kering, kusam, kasar dan bersisik. Kulit kering diakibatkan oleh sejumlah faktor, misal seperti terlalu tidak sedikit terkena sinar matahari (UV), perubahan cuaca,terlampau lama dalam ruangan ber-AC, terlampau sering menggunakan sabun dan bahan pembersih.

Cara membersihkan kulit dengan jenis kulit kering ialah dengan tidak sedikit mengkonsumsi air putih paling tidak 8 gelas sehari, mengkonsumsi buah dan sayur guna menutrisi dan mengawal kelembaban kulit, memakai pelembab ketika berada dalam ruangan ber-AC, dan memakai sabun yang dapat melindungi kulit dari kekeringan.

  1. Jenis kulit berminyak

Jenis kulit berminyak tidak jarang terjadi pada remaja. Kulit berminyak terjadi sebab kelenjar pada kulit terlalu banyak sebum atau minyak. Jenis kulit berminyak mempunyai ciri-ciri pori-pori besar, kusam, mengkilat, mempunyai komedo atau moda hitam. Jenis kulit berminyak bisa diperparah oleh hal hormonal, tekanan, situasi yang tegang, antiboitik, dan panas yang berlebih.

Cara merawat kulit dengan jenis kulit berminyak ialah dengan membasuh muka paling tidak dua kali sehari, urusan ini bertujuan guna menghilangkan minyak di wajah dan menghindari tersumbatnya pori-pori yang dapat memunculkan jerawat.

  1. Jenis kulit kombinasi

Jenis kulit kombinasi seringkali terjadi pada kulit normal atau kulit kering dengan kombinasi kulit berminyak dibeberapa bagian contohnya hidung, dahi dan dagu. Jenis kulit kombinasi mempunyai ciri pori-pori besar, ada komedo, kulit mengkilap di area hidung, dagu atau dahi dan beberapa kulit kering atau bersisik.

Cara merawat kulit dengan benar berdasarkan jenis kulit kombinasi ialah dengan selalu menjaga kelembaban kulit dengan mengkonsumsi air putih paling tidak 8 gelas sehari, menjaga kulit dengan lebih baik serta mengkonsumsi buah dan sayur.

  1. Kulit sensitif

Kulit sensitif  tipis dan mempunyai pori-pori yang halus. Mencari tahu penyebab sensitivitas kulit Anda bakal sangat menolong dalam perawatannya. Hal ini karena andai Anda salah mengerjakan perawatan maka akan mengakibatkan munculnya gatal-gatal, kemerahan, dan kulit sepertihalnya terbakar.

Cara merawat kulit dengan jenis kulit sensitif ialah menghindari penyebab sensitivitas pada kulit. Jika telah memahami jenis kulit Anda, maka akan gampang dalam mengerjakan perawatan terhadap kulit Anda. Mengetahui jenis kulit bakal menghindarkan dari kekeliruan perawatan yang dapat mengakibatkan kulit  menjadi rusak.




Komentar Artikel "Tips Merawat Kulit Berdasarkan Jenis Kulit"