Ini Dia Cara Pilih Skincare, Kenali Tipe Kulit Anda Dahulu - PRATISTA

Ini Dia Cara Pilih Skincare, Kenali Tipe Kulit Anda Dahulu

7 bulan yang lalu      Informasi Seputar Kulit dan Kecantikan

Ini Dia Cara Pilih Skincare, Kenali Tipe Kulit Anda Dahulu

 

Agar dapat memilih skincare terbaik yang tepat dan sesuai, Anda perlu memahami terlebih dahulu apa jenis kulit Anda. Berminyak atau kering, masing-masing kulit memiliki keperluan yang berbeda. Menentukan jenis kulit sebenarnya dapat dilakukan sendiri, walaupun mungkin lumayan membingungkan untuk beberapa orang sebab merasa tipe kulit dapat berubah-ubah.

 

Kenali tipe kulit Anda

Cara yang simpel dan dapat Anda kerjakan untuk memahami jenis tipe kulit yakni dengan membasuh wajah di pagi hari dan tidak menggunakan skin care apapun pada permukaan kulit. Kemudian, Anda dapat memperhatikan  kulit di siang hari pada cermin. Apabila kulit masih terasa sama di pagi hari dengan tidak banyak minyak di unsur T, berarti anda mempunyai tipe kulit normal. Bagaimana jika mempunyai kulit berminyak? Tentunya  minyak bakal lebih banyak,diperbanyak dengan pori-pori yang besar.

 

Sebaliknya, pemilik kulit kering bakal merasa kulitnya kencang dan bahkan kasar di siang hari. Sedangkan tanda bahwa anda mempunyai tipe kulit kombinasi ialah ketika kulit terasa berminyak diunsur T dan terasa kencang atau kesat di unsur lainnya.

  1. Pilih produk yang telah terdaftar di BPOM

Skin care yang aman dan berkualitas biasanya telah terdaftar di BPOM dan mempunyai nomor seri yang dapat Anda periksa disitus resmi BPOM. Nomor seri tersebut seringkali ada dibelakang kemasan produk, dekat dengan letak barcode.

Agar lebih aman, usahakan anda membeli skin care yang dipasarkan di supermarket, toko kosmetik, hingga mal besar dengan harga yang bervariasi. Hindari melakukan pembelian skin care tanpa merk dan tanpa nomor seri, karena seringkali produk itu tidak jelas produsen dan kualitasnya.

  1. Perhatikan komposisi bahan skin care

Skin care yang aman dan berkualitas biasanya selalu menyematkan komposisi bahan pembuatannya di unsur box atau belakang kemasan produk. Sehingga Anda dapat lebih selektif saat membeli skin care.

Jika kulit sensitif, usahakan hindari produk yang berisi mineral oil, alkohol, pewarna, paraben, dan parfum yang dapat mengiritasi kulit.

  1. Kenali alergen di kulit

Sekarang ini tidak sedikit skin care yang berisi tambahan bahan alami seperti esktra lidah buaya, teh hijau, colagen, atau bahan-bahan aktif lainnya. Bahan-bahan itu memang bagus, namun belum tentu sesuai di tipe kulit Anda.

Akan lebih bagus lagi bila Anda  memahami alergen atau bahan-bahan penyebab alergi di wajah. Misalnya anda alergi terhadap lidah buaya, maka hindari produk yang berisi bahan tersebut.

Namun, bila Anda tidak tahu alergen di wajah Anda, maka mau tidak mau anda harus mencoba dulu produk tersebut. Jika produk itu tidak memunculkan rasa gatal, merah-merah atau jerawat, Anda dapat melanjutkan pemakaiannya.

Tapi andai terjadi reaksi alergi, segera hentikan pemakaian produk supaya alergi tidak semakin parah.

  1. Pilih produk yang cocok dengan jenis kulit

Sebelum melakukan pembelian skin care, anda wajib mengenali jenis kulit terlebih dahulu. Apakah kering, berminyak, kombinasi, atau sensitif. Jenis kulit tersebut dapat menilai produk apa yang mesti anda beli.

Pastikan anda memilih produk yang memang diformulasikan cocok dengan jenis kulit supaya produk yang anda pilih dapat bekerja secara optimal.

  1. Sesuaikan produk dengan masalah wajah

Jika anda punya masalah kulit kering, pilih skin care yang bermanfaat melembabkan. Atau andai kulit berjerawat, pilih skin care yang berisi bahan aktif guna mengobati jerawat. Memilih skin care yang cocok dengan jenis kulit dapat membantu menanggulangi permasalahan wajah.




Komentar Artikel "Ini Dia Cara Pilih Skincare, Kenali Tipe Kulit Anda Dahulu"