Hal-hal Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Pori-Pori Besar - PRATISTA

Hal-hal Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Pori-Pori Besar

1 bulan yang lalu      Informasi Seputar Kulit dan Kecantikan

Hal-hal Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Pori-Pori Besar

Kulit menjadi tampak kasar dan tidak cukup menarik. Masalah pori besar seringkali ditemui pada jenis kulit berminyak khususnya pada wilayah T (wilayah hidung dan dahi). Berikut sejumlah hal yang mengakibatkan pori-pori wajah besar dan tips teknik perawatannya.

Perlu diketahui bahwa sebetulnya pori-pori kulit tersebut tidak benar-benar membesar seperti yang telah anda ketahui. Hal ini adalah hal genetik. Orang dengan kulit pucat ataupun putih mempunyai pori-pori yang ingin lebih kecil bila dikomparasikan dengan orang yang berkulit lebih gelap. Hal ini pun tergantung pada tipe kulit seseorang. Orang dengan kulit berminyak pori-porinya lebih nampak dikomparasikan dengan mereka yang mempunyai kulit kering.

 

Penyebabnya apa?

Make up meski bermanfaat untuk mempercantik wajah, ternyata bisa menjadi hal pori-pori wajah kulit terlihat lebih banyak atau membesar. Hal ini disebabkan make up menutupi kelenjar minyak sampai-sampai sel kulit mati menjadi terperangkap dalam folikel. Terlihat besarnya pori-pori wajah seseorang juga dapat disebabkan oleh sinar ultraviolet. Bisa juga dikarenakan kadar kolagen yang menurun yang seringkali terjadi pada orang tua. Penggunaan kosmetik yang terlampau tebal dapat membuat kulit susah bernafas sampai-sampai secara alami kulit mengerjakan pembesaran pori-pori supaya bisa bernafas. Kosmetik yang mempunyai kandungan minyak dapat menciptakan pori-pori menjadi besar.

 

Pori-pori wajah yang tersumbat, terbuka, dan membesar berikut yang seringkali menjadi biang keladi dari jerawat dan komedo. Pori-pori besar, andai Anda orang yang sering terbit tentu akan mengakibatkan debu, kotoran, dan bakteri menempel pada kulit sampai-sampai pori-pori menjadi kian besar lagi.

 

Pori-pori besar pada wajah, memang masalah. Penampilan jadi tidak cukup sedap dipandang, lagipula make-up kadang-kadang tak dapat memblokir pori-pori wajah yang melebar ini dengan sempurna.

 

Bagaimana mengatasinya? Mari simak tips untuk menanggulangi pori-pori besar pada wajah.

Bersihkan wajah dengan tepat

Di samping teliti memakai produk perawatan kulit, Anda pun harus mencuci wajah dengan tepat. Basuh wajah memakai air hangat, kemudian oleskan produk pembersih wajah. Pijat lembut wajah dan leher dengan gerakan melingkar sekitar 30-60 detik. Lalu bilas dan keringkan dengan teknik menepuk-nepuk handuk lembut ke wajah. Disarankan untuk mencuci wajah dengan teknik ini setiap pagi dan malam sebelum tidur.

Pengelupasan kulit

Di samping mengusung sel kulit mati dan minyak berlebih di wajah, pengelupasan kulit wajah dengan kiat scrubbing juga dapat membuat pori-pori wajah tampak mengecil. Namun, tidak boleh lakukan sepanjang hari. Scrubbing usahakan dilaksanakan hanya dua kali dalam seminggu. Jangan lupa guna mengaplikasikan pelembap ke wajah supaya kulit tetap terhidrasi.

Steaming wajah

Steaming wajah bisa membuka pori-pori dan mengeluarkan racun serta kotoran yang menempel di kulit. Setelah bersih, pori-pori bakal kembali mengecil dan wajah tampak bersih dan bersinar.

Pore strip

Pore strip dapat Anda dapatkan di toko kecantikan. Aplikasikan pada unsur wajah dengan pori-pori wajah yang besar seperti  pada pipi, hidung, dan dagu. Setelahhal tersebut maka tarik pore strip untuk membuat pori-pori lebih bersih. Lakukan perawatan simpel ini dua kali dalam seminggu guna hasil yang maksimal.

Jangan pencet jerawat dan komedo

Yang namanya jerawat dan komedo seringkali sering gemas dan kesal, karena dua masalah ini terlihat paling menganggu penampilan. Alhasil anda jadi sering mengupayakan untuk menghilangkan mereka dengan teknik memencet satu per satu jerawat/komedo yang sedang di wajah. Padahal kebiasaan ini paling tidak baik untuk dilakukan, terlebih buat anda yang mempunyai tipe kulit dengan pori-pori besar.  Jerawat atau komedo yang anda pencet dengan paksa akan menciptakan pori-pori wajah semakin membesar dan susah untuk kembali mengecil.




Komentar Artikel "Hal-hal Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Pori-Pori Besar"