Faktor Penyebab Scar - PRATISTA

Faktor Penyebab Scar

3 bulan yang lalu      Informasi Seputar Kulit dan Kecantikan

Faktor Penyebab Scar

 

Rupanya, bekas jerawat memiliki sekian banyak  macam jenis dan bentuk. Mulai dari bopeng kecil, keloid yang bengkak, hingga ada perubahan warna kulit. Bekas jerawat seringkali muncul dampak jerawat yang dipencet. Tapi kenyataannya, sekian banyak jerawat yang hadir dan tidak dipencet, bekasnya juga tetap terlihat jelas.

 

Bopeng yang terdapat di wajah bakal menjadikan wajah Anda tampak tidak mulus, atau justeru terkesan seperti wajah parut. Jika tidak sesegera  diatasi, maka di khawatirkan bakal menodai wajah dalam jangka waktu yang lumayan lama.

 

Secara umum terjadinya bopeng pada kulit ialah karena Kandungan kolagen yang tidak cukup pada saat proses penyembuhannya. Proses pengobatan bekas luka tumbuh menutupi luka, namun jumlah jaringan yang diproduksi tidak mencukupi untuk menutupi kulit yang rusak, sehingga ingin kelihatan kempis atau cekung, sampai-sampai terjadi yang namanya bopeng itu.

 

Bila bopeng tersebut di karenakan jerawat, inilah sejumlah penyebabnya:

  1. Memencet Jerawat

Ketika jerawat tersebut muncul biasanya jadi sebal, gemas dan hendak segera menghilangkannya. Bahkan dengan cara-cara yang paling tidak dianjurkan, sepertihalnya memencet jerawat yang masih aktif hingga nanah dan darahnya keluar. Apabila hal tersebut Anda lakukan, maka siap-siaplah  menanggung resikonya, yakni berupa munculnya bekas jerawat baik tersebut flek hitam ataupun lubang atau bopeng bekas jerawat.

 

  1. Menggaruk Jerawat yang Sudah Kering atau Mau Sembuh

Ketika jerawat mau sembuh maka bakal mengempes dan mengering. Biasanya memang akan terasa agak gatal dan kasar sampai-sampai ingin garuk-garuk sehingga jerawat yang segera sembuh tersebut copot, dan pada akhirnya akan menimbulkan bekas bopeng pada kulit wajah.

 

Mengapa Bopeng seseorang berbeda-beda?

Bopeng pada orang berbeda-beda diakibatkan karena sejumlah faktor

 

  1. Jenis jerawat

Jenis jerawat sangat dominan pada besar kecil dan banyaknya bopeng yang ada. Secara umum terdapat 2 jenis jerawat yakni jerawat batu dan jerawat pasir. Jerawat batu, jerawat ini bentuknya lumayan besar, dan rasanya sakit. Sementara jerawat pasir ini, jerawat yang ukurannya kecil tapi seringkali sangat banyak jumlahnya. Nah kedua jenis jerawat ini sangat memprovokasi perbedaan besar kecilnya dan banyaknya bopeng pada masing-masing orang.

 

2.Lokasi jerawat

Lokasi jerawat pun sangat berpengaruh. Pada lazimnya area wajah yang paling tidak sedikit meninggalkan bekas ialah pada pipi dan sekitar hidung.

 

  1. Hal Genetik

Setiap orang mempunyai daya pengobatan yang berbeda-beda, adayang cepat ada yang lambat juga, urusan itu mempunyai pengaruh terhadap bekas jerawat baik flek hitam ataupun bopeng.

 

 

Faktor-Faktor Penyebab Bekas Jerawat

Bekas jerawat terjadi sebab luka mendalam terhadap kulit yang diakibatkan oleh jerawat. Ada sejumlah faktor eksternal yang mengakibatkan jerawat berbekas pada kulit wajah. Tiga hal utama yang bisa menyebabkan urusan itu adalah:

  • Faktor Genetik

Jika Anda mempunyai kerabat atau family yang wajahnya mempunyai bekas jerawat, maka Anda dapat jadi mempunyai masalah yang sama.

  • Memecahkan jerawat

Tindakan ini dapat mengakibatkan bakteri yang terdapat pada jerawat bergerak lebih dalam dan mengakibatkan infeksi pada lokasi tersebut.

  • Penggunaan tweezer atau penjepit

Seringkali perangkat penjepit yang Anda pakai tidak terjamin kebersihannya dan urusan ini dapat mengakibatkan infeksi yang lebih parah sebab bakteri yang terdapat di perangkat penjepit bisa beralih ke lokasi jerawat tersebut.

  • Non-Treated Acne

Masalah jerawat berat yang tidak ditanggulangi dapat mengakibatkan jerawat yang mengempes mempunyai bekas di wajah.




Komentar Artikel "Faktor Penyebab Scar"