Akibat Pori-pori Wajah Yang Tidak Dirawat - PRATISTA

Akibat Pori-pori Wajah Yang Tidak Dirawat

1 bulan yang lalu      Informasi Seputar Kulit dan Kecantikan

Akibat Pori-pori Wajah Yang Tidak Dirawat

Ada banyak sekali orang yang mengeluh akan besarnya lubang pori-pori pada kulit wajah mereka, tak hanya pada kulit saja namun juga pada bagian bagian lainnya. Pada umumnya pori-pori yang besar bisa mengakibatkan sejumlah masalah pada kulit kita.

Sebelum membahas mengenai masalah yang diakibatkan oleh pori-pori membesar, mari kita bahas tentang apa itu lubang pori-pori.

Apa itu lubang pori-pori?

Lubang pori-pori ialah kantong kelenjar atau pembukaan folikel ke pada permukaan kulit. Fungsi dari pori-pori ini sendiri ialah sebagai jalan keluarnya minyak pada tubuh dan tempat tumbuhnya rambut. Arti lain dari pori-pori ini ialah lubang kecil yang terdapat pada permukaan kulit dan berguna sebagai penyalur keluarnya minyak pada tubuh atau sering disebut dengan sebum dan tempat dimana tumbuhnya rambut agar mencapai permukaan kulit.

Lubang pori-pori akan tampak membesar apabila ukurannya lebih besar dibandingkan dengan folikel rambut kamu. Hal ini umumnya sering terjadi pada permukaan kulit wajah, terutama di bagian pipi dan juga hidung.

Dampak Membesarnya Lubang Pori-pori

Dibawah ini ada sejumlah dampak yang akan terjadi jika lubang pori-porimmu membesar.

  1. Mudah berkomedo dan berjerawat

Lubang pori-pori yang membesar akan mempermudah debu, kotoran serta sisa-sisa make up masuk dan terperangkap di lapisan atas kulit kita. Hal ini bisa mengakibatkan pori-pori menjadi tersumbat dan menjadikan kulit lebih rentan di tumbuhi jerawat serta komedo.

  1. kulit menjadi berminyak

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa pori-pori berfungsi sebagai jalan keluanya sebum atau minyak yang mencapai lapisan kulit teratas yang bisa membuat kulit menjadi lebih halus. Namun jika lubang pori-pori membesar, maka minyak yang keluar ke permukaan kulit wajah juga bisa semakin banyak. Nah, kondisi seperti inilah yang dikenal dengan kulit berminyak .

  1. Rambut akan tumbuh lebih banyak

Kamu harus tahu, bahwa lubang pori-pori yang kecil akan membuat rambut menjadi sulit untuk ke mencapai permukaan kulit. Maka, jika lubang pori-pori membesar secara otomatis bulu atau rambut pada kulit kita akan tumbuh semakin banyak.

Hal-hal yang menyebabkan pori-pori membesar

Kira-kira apa saja ya yang menyebabkan pori-pori membesar? Berikut ulasannya.

  1. faktor genetik

Menurut beberapa pendapat, bahwa lubang pori-pori yang membesar ini juga bisa disebabkan karena faktor genetik atau keturunan. Jika salah satu dari keluargamu memiliki lubang pori-pori yang besar maka kecenderungan mempunyai lubang pori-pori yang besar juga akan kamu rasakan.

  1. Dampak Merokok

Merokok ini memang tidak langsung berpengaruh pada ukuran lubang pori-pori, namun dengan merokok maka bisa mengakibatkan kerutan-kerutan dan bisa menurunkan tingkat kemampuan kulit untuk memulihkan luka. Nah, hal ini bisa berdampak pada membesarnya ukuran pori-pori.

  1. Pancaran sinar matahari

Pancaran sinar matahari bisa meningkatkan ukuran lubang pori-pori. Saat kamu berada tepat dibawah sinar matahari maka bisa mengakibatkan kulit menjadi kendur dan timbul kerutan-kerutan seperti keriput. Hilangnya elastisitas pada kulit bisa membuat dinding pori-pori semakin melebar. Untuk menghindari hal ini, kamu bisa memakai tabir surya SPF 15 tujuannya bisa mencegah membesarnya lubang pori-pori akibat paparan sinar matahari.

  1. Perubahan Hormon

Perubahan hormon ketika sedang berada pada siklus haid dan juga menopause, khususnya ketika sedang ovulasi, hal tersebut bisa memperbesar ukuran pori-pori pada wajah terlebih lagi bagi wanita. Berdasarkan penelitian, mengemukakan bahwa hormon yang dihasilkan ketika masa produksi ovulasi bisa meningkatkan keluarnya minyak atau sebum serta dapat melebarkan ukuran pori-pori.

Itu dia dampak dan penyebab dari membesarnya lubang pori-pori pada permukaan kulit wajah.

 




Komentar Artikel "Akibat Pori-pori Wajah Yang Tidak Dirawat"