8 Penyebab Bruntusan Yang Harus Kamu Ketahui - PRATISTA

8 Penyebab Bruntusan Yang Harus Kamu Ketahui

4 bulan yang lalu      Informasi Seputar Kulit dan Kecantikan

8 Penyebab Bruntusan Yang Harus Kamu Ketahui

Beruntusan atau jerawat kecil-kecil yang hadir layaknya kumpulan titik-titik di wajah memang paling mengganggu penampilan. Salah satu area wajah yang sangat sering merasakan beruntusan ialah dahi. Lain halnya dengan jerawat yang punya ukuran lumayan besar serta sering disertai dengan rasa nyeri, beruntusan lazimnya tidak memunculkan efek tersebut. Meskipun ukurannya termasuk kecil, tetapi beruntusan biasanya datang secara ‘mengeroyok’ dan dapat bertahan dalam kurun waktu yang lumayan lama.

 

Mengapa wajah menjadi bruntusan ?

Kulit wajah yang sedang dihinggapi bruntusan ini akan terlihat tidak sehat dan meminimalisir rasa percaya diri untuk menunjukkan wajah di depan umum. Agar dapat mengobati dan mengasuh wajah agar kembali mulus, kenali dulu apa saja yang dapat menjadi penyebab wajah bruntusan:

 

1. Malas Membersihkan Wajah

Setelah beraktivitas seharian, seringkali yang anda lakukan ialah langsung beristirahat di sofa. Tapi tidak boleh lupa ya, Beautynesian, apapun kondisinya, anda tetap mesti mencuci wajah. Setelah seharian beraktivitas, debu dan kotoran bakal menempel pada wajah, diperbanyak dengan kosmetik. Wajah yang kotor ini akan memunculkan gatal dan perih disertai warna kemerah - merahan. Inilah awal dari timbulnya bruntusan. Oleh karena itu,tidak boleh malas mencuci wajah.

 

2. Stress

Hidup yang berpacu dengan waktu dan segala deadline kegiatan yang ada, pasti saja tidak menutup kemungkinan bisa memunculkan stres. Selain dominan pada mood, stres berlebih rupanya pun dapat mempengaruhi kulit yang bisa berujung pada timbulnya beruntus di dahi. Beruntusan ini timbul sebagai reaksi dari emosi yang tidak cukup stabil dampak stres.  Untuk mengatasinya, cobalah bebaskan benak Anda dan lebih enjoy dalam menjalani hidup!

 

3. Hormonal

Meningkatnya hormon testosteron yang berlebihan pun ternyata dapat menjadi penyebab timbulnya beruntusan di dahi yang seringkali bertahan lumayan lama. Kelebihan hormon testosteron lazimnya akan memicu kelenjar yang pasti saja akan merangsang timbulnya bruntusan. Kalau telah begini, rajin-rajin mencuci wajah dan senantiasa melembapkan kulit dengan pelembap.

 

4. Alergi

Ini ialah penyebab yang paling barangkali terjadi andai segala macam perawatan untuk kulit bruntusan tidak membawa hasil yang memuaskan. Penyebab alergi kulit wajah dapat muncul dari sesuatu yang anda konsumsi, yang menciptakan tubuh bereaksi pada asupan apapun yang tidak sesuai dengan tubuh kita. Reaksi tubuh tersebut muncul dalam bentuk bruntusan pada kulit.

 

5. Kulit wajah tidak bersih

Penyebab kulit wajah tidak bersih tentunya sebab jarang cuci muka dengan layak. Kulit wajah yang kotor memungkinkan bakteri dan kuman dari kotoran yang menempel bersarang di kulit wajah sehingga memunculkan bruntusan yang parah. Manfaat oatmeal guna wajah sensitif dapat membantu meredakan gatal dan kemerahan sebab bruntusan.

 

6. Kulit Berminyak

Pori – pori dapat tersumbat karena jenis kulit berminyak yang terkadang memproduksi minyak berlebihan di wajah. Kelenjar minyak yang terlampau aktif pun memungkinkan kotoran, kuman dan bakteri cepat menempel ke kulit wajah. Carilah teknik untuk mengatasi muka berminyak dan teknik merawat kulit berminyak agar masalah bruntusan bisa teratasi.

 

7. Makanan

Kurang makanan bergizi, senang memakan yang berisi kolesterol tinggi seperti gorengan dan makanan bersantan juga memiliki andil dalam masalah bruntusan di wajah, sebab akan memprovokasi produksi minyak di wajah pula.

 

8. Kosmetik

Seringkali Anda menggunakan kosmetik bukan karena kegunaannya tetapi karena mengikuti tren terbaru. Perlunya menginvestigasi kandungan kosmetik yang akan anda coba paling penting, sebab Anda bisa mengetahui apakah kosmetik itu sesuai dengan wajah anda atau tidak dan menghindari bahan kosmetik yang berbahaya, adanya bahan pemutih wajah berbahaya. Karena andai dipakai, kosmetik yang berisi bahan riskan akan memunculkan reaksi pada kulit wajah  bruntusan. Sebaiknya kurangi pemakaian make up tebal yang dapat menciptakan kulit tidak pernah ‘bernapas’.




Komentar Artikel "8 Penyebab Bruntusan Yang Harus Kamu Ketahui"